Taman Laut Bunaken, Manado, Sulawesi Utara

Taman Laut Bunaken merupakan pulau yang terdekat dengan Taman Nasional Bunaken selain ada beberapa pulau kecil lainnya seperti Pulau Siladen, Pulau Mantehage, Pulau Manado Tua, Pulau Mantehage dan Pulau Naen. Pulau Bunaken berbentuk seperti buah pisang jika dilihat dari atas.

Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken

Dari Pulau Bunaken maupun pulau-pulau lain di sekitarnya, Anda bisa menyelam (diving) atau sekadar snorkling di Taman Laut Bunaken. Anda juga bisa menggunakan kapal semi selam untuk melihat keindahan alam bawah laut di Bunaken. Biasanya kapal ini disewakan di pantai Pulau Bunaken. Dengan kapal ini, Anda bisa duduk di bagian bawah kapal yang berdinding kaca untuk menikmati keindahan dasar laut Bunaken.

Selain kegiatan di laut, di beberapa pulau ini Anda juga bisa menikmati keindahan alamnya. Bagi pecinta burung, di sini juga terdapat berbagai jenis burung yang menarik untuk diamati. Bahkan di Pulau Mantehage terdapat suku Bajo yang terkenal dengan kehidupannya yang unik.

Ada banyak lokasi penyelaman. Setidaknya ada 30 lokasi penyelaman yang sering dikunjungi. Lokasi penyelaman terbaik di Bunaken adalah di dekat Pulau Bunaken dan Pulau Manado Tua. Di sini terdapat sangat banyak ragam biota laut yang begitu indah dan menakjubkan. Ada beberapa lokasi penyelaman yang terbaik di Bunaken, misalnya:

Tembok Lekuan adalah tembok panjang di Bunaken yang terbagi menjadi 3 yaitu Lekuan I, II dan III. Di titik ini, pemandangan taman lautnya adalah salah satu yang terbaik. Dindingnya yang melindungi dari arus yang kuat membuat tempat ini menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh kawanan ikan kakak tua besar dan penyu.

Taman Nasional Bunaken juga dapat dicapai melalui Pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di Kecamatan Molas yang memakan waktu sekitar 20 menit, dan dari Marina Blue Banter dengan waktu tempuh sekitar 10 – 15 menit menggunakan kapal pesiar.

  • Add Your Comment